Tutup Jembatan Musi II selama 10 Hari

Tutup Jembatan Musi II selama 10 Hari
Jembatan Ampera. Foto: sumeks.co/jpg

jpnn.com, PALEMBANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera) akan menutup jembatan Musi II selama 10 hari saat melakukan perbaikan spelat lantai yang berkarat.

Nah, pengendara direncanakan akan melewati jembatan duplikasi yang berada di sebelahnya. Namun hingga sekarang, penutupan tersebut belum bisa dilakukan lantaran belum ada izin dari kepolisian.

Hal tersebut diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metropolis dari Kementerian Pupera, Suwarno saat dikonfirmasi Sumatera Ekspres. "Kami berencana melakukan penutupan jembatan Musi II selama 10 hari atau sejak izin penutupan keluar dari polresta/polsek. Tapi sampai hari ini (kemarin, red) surat izinnya belum keluar, " katanya, kemarin (3/5).

Belum keluarnya surat, diakui Suwarno memang belum mengganggu pengerjaan perbaikan jembatan tersebut. Namun pihaknya khawatir kalau sampai belum keluar saat Ramadan akan menghambat pengerjaan. "Kami masih menunggu dan semoga secepatnya keluar, agar pengerjaan dapat dilakukan maksimal," ungkap dia.

Suwarno menjelaskan, saat penutupan jembatan Musi II pengendara bisa menggunakan jembatan yang berada di sebelahnya dengan rekayasa lalu lintas dua jalur. "Tentu akan terjadi perlambatan, karena itu kami mohon maaf dan warga bersabar," tambahnya.

Dia menjelaskan, penutupan ini perlu dilakukan mengingat pada jembatan Musi II Ini terjadi kerusakan pelat lantai yang menipis sehingga membuat patahan sekitar 1x1 meter. "Hanya ini kerusakannya, tapi kalau dibiarkan akan bertambah lebar dan besar karenanya harus diperbaiki."

Secara teknis, masih kata dia, pengerjaan jembatan ini hanya butuh satu hari. Namun untuk beton perlu waktu (pengerasan/usia beton). Disamping memang, jembatan Musi II perlu dilakukan perawatan mengingat aktivitas yang menjadi perlintasan barang.

Ditambah beberapa waktu lalu ada baut yang dicuri tapi sudah diganti dan dilakukan penanganan. "Mungkin harga yang dicuri tidak mahal, akan tetapi akibat adanya elemen jembatan yang hilang ini sangat fatal. Untuk itu harus diperbaiki apalagi untuk mendatangkan baut itu butuh waktu cukul lama," tukasnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera) akan menutup jembatan Musi II selama 10 hari saat perbaikan pelat lantai jembatan yang berkarat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News