Tutup Rangkaian HPSN 2019, KLHK Umumkan Juara Lomba Foto dan Vlog

Tutup Rangkaian HPSN 2019, KLHK Umumkan Juara Lomba Foto dan Vlog
Dirjen PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati bersama para pemenang lomba foto dan vlog HPSN 2019. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Rangkaian acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang diperingati setiap tanggal 21 Februari telah ditutup dengan pengumuman pemenang kompetisi foto dan vlog (5/7).

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati menilai HPSN merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah berkelanjutan menuju Indonesia Bersih 2025.

“Pemerintah melalui KLHK telah mengadakan berbagai kegiatan memperingati HPSN 2019 diantaranya dengan menerbitkan Surat Edaran, aksi bersih sampah (clean up), peluncuran film animasi Pulau Akko, kampanye Mudik Asik Tanpa Sampah Plastik, termasuk lomba foto dan vlog yang melibatkan generasi milenial. Semua itu kita tempuh agar masyarakat semakin sadar akan bahaya sampah terhadap lingkungan dan kesehatan manusia jika tidak kita menanganinya dengan baik dan secara bersama-sama," tutur Vivien.

BACA JUGA : Komandan Lapangan Perusuh Aksi 21-22 Mei Resmi Jadi Buronan Polisi

Berdasarkan data KLHK, sebanyak 0,7 kg sampah dihasilkan oleh setiap orang setiap harinya. Hal itu setara dengan 66,5 juta ton sampah dihasilkan oleh Indonesia setiap tahunnya.

Namun demikian, kapasitas tempat pengelolaan akhir (TPA) sampah terhitung masih terbatas, di mana masih banyak daerah yang belum menerapkan sanitary landfill.

Oleh karena itu, partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mengurangi jumlah timbulan sampah menjadi langkah yang perlu dikedepankan saat ini.

“Generasi milenial menjadi salah satu kader lingkungan yang menjadi tumpuan pemerintah. Melalui lomba foto dan vlog ini, kita dapat melihat kreativitas anak muda dalam menyampaikan isu lingkungan dan menyebarkan rasa kepedulian di masyarakat umum,” tambah Vivien.

KLHK akhirnya mengumumkan para pemenang lomba foto dan vlog pengelolaan sampah di rangkaian HPSN 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News