Uang Palsu Beredar Jelang Lebaran

Uang Palsu Beredar Jelang Lebaran
Uang Palsu Beredar Jelang Lebaran
BANYUMAS-Unit Pelaksana Tenkis (UPT) UPT Pasar Ajibarang meminta para pedagang yang ada di pasar tersebut  lebih waspada terhadap peredaraan uang palsu (Upal) menjelang Idul Fitri 1433 H. Mdus yang sering digunakan para pengfedar upal, upal dijadikan alat jual beli atau dengan cara menukarkan uang dengan pecahan yang nilainya lebih kecil.

Kepala UPT Pasar Ajibarang, Lilik Gunawan SSos mengatakan, menjelang lebaran, kemungkinan peredaran upal  akan meningkat karena warga banyak berbelanja untuk keperluan.  Dia mengatakan,  pelaku pengedar upal  akan memanfaatkan momentum saat pengunjung banyak melakukan transaksi jual-beli untuk keperluan menghadapi Idul Fitri.

 "Uang palsu yang biasa diedarkan pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu dengan kondisi hampir mirip dengan aslinya. Untuk itu, pedagang harus jeli dan teliti dalam menerima uang dari pembeli,"katanya.

Menurutnya, ketelitian dalam menerima uang harus benar-benar diperhatikan. Dilihat, diraba, dan diterawang atau 3D itu juga perlu digunakan. "Atau kepada para pemilik toko lebih baik mendeteksi uang palsu memakai sinar ultra violet supaya mudah terdeteksi. Jika ditemukan peredaran uang palsu, harap segera lapor kepada pihak kepolisian atau pihak pasar,"ujarnya.

BANYUMAS-Unit Pelaksana Tenkis (UPT) UPT Pasar Ajibarang meminta para pedagang yang ada di pasar tersebut  lebih waspada terhadap peredaraan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News