Uang Pensiun untuk Dirikan Sigepi Institut

Uang Pensiun untuk Dirikan Sigepi Institut
MAHAGURU: Octav Dirgantara Setiadji (tengah, baju hitam) di antara murid-muridnya di markas Sigepi Institut. Foto: Salsabyl a’dn/Jawa Pos
PENCAK silat ternyata sudah mendunia. Buktinya, bela diri itu kini ada di mana-mana. Salah satunya di Berlin, Jerman. Lewat Sigepi (Silat Gerakan Pilihan) Institut, pencak silat cukup diminati warga setempat.

Berikut catatan wartawan Jawa Pos M. SALSABYL A'DN yang belum lama ini menemui pendiri Sigepi, Octav Dirgantara Setiadji, di Berlin.

-----------

Cuaca Berlin malam itu (6/3) cukup membuat Octav Dirgantara Setiadji, 66, kedinginan. Meski sudah lebih dari 30 tahun tinggal di Jerman, dia tetap tidak mampu menahan hawa dingin yang menusuk tulang. Dengan jaket tebal yang membungkus tubuh, Octav buru-buru masuk ke gedung di kawasan Rheinstrasse, Berlin.

Suasana agak hangat terasa di lantai dua gedung itu. Ya, di salah satu ruangan di lantai tersebut terdapat markas Sigepi Institut. Begitu keluar dari lift, tamu langsung ketemu front office dengan meja counter dan beberapa kursi tunggu.

PENCAK silat ternyata sudah mendunia. Buktinya, bela diri itu kini ada di mana-mana. Salah satunya di Berlin, Jerman. Lewat Sigepi (Silat Gerakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News