Ubah Urine Manusia Jadi Energi Listrik

Ubah Urine Manusia Jadi Energi Listrik
Ubah Urine Manusia Jadi Energi Listrik

jpnn.com - BATERAI Baterai merupakan sumber energi listrik yang sering digunakan masyarakat untuk menjalankan peralatan elektronik yang sangat efektif dan efisien. Namun, banyaknya baterai bekas yang tidak dikelola dengan baik dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan yang berbahaya.

Di tengah keterbatasan sumber energi listrik itu, empat mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya berupaya mencari alternatif. Mereka adalah Arfiansyah Galih Saputra, Achmad Rifqi Rosyadi, Putri Ika Wahyu, dan Anastasia Erina.

Semua berasal dari jurusan teknik mesin. Mereka mampu mengubah urine menjadi sumber listrik. Alat itu mereka beri nama HUBE-CELL.

Arfiansyah mengatakan, dirinya dan rekan-rekannya melakukan percobaan itu setelah melakukan studi literatur. Selain mengandung 95 persen air, ternyata 5 persen urine manusia adalah elektrolit yang mengandung klorida, sodium, dan potasium. "Kandungan elektrolit inilah yang akan dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik alternatif yang ramah lingkungan," terangnya.

Awalnya mereka mempersiapkan pengambilan sampel urine yang akan digunakan pada rangkaian HUBE-CELL. Urine diambil dari beberapa sampel milik laki-laki dan perempuan.

Sampel itu lalu diteliti untuk dipilih yang mempunyai sumber listrik paling tinggi. Pengukurannya menggunakan multitester.

Dari pengambilan data itu didapat data besar voltase dan arus pada setiap sampel. Pengambilan data dilakukan dengan selang waktu tiap satu jam selama 10 jam. Setelah itu, baru dipilih sampel urine yang menghasilkan tegangan paling tinggi untuk menyalakan dua buah lampu LED.

Berdasar hasil pengujian, urine memiliki tegangan rata-rata 600 milivolts. Sampel itu lalu dirangkai dan disambungkan dengan alat HUBE-CELL untuk mendapat tegangan yang lebih besar sehingga dapat digunakan untuk menyalakan LED dengan tegangan 3 volt.

BATERAI Baterai merupakan sumber energi listrik yang sering digunakan masyarakat untuk menjalankan peralatan elektronik yang sangat efektif dan efisien.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News