Robot Google Menang Kompetisi Penyelamatan Bencana

Robot Google Menang Kompetisi Penyelamatan Bencana
Robot Google Menang Kompetisi Penyelamatan Bencana

jpnn.com - MIAMI--Robot bikinan Google berhasil memenangkan kompetisi yang digelar unit penelitian badan keamanan Amerika, Pentagon, DARPA. Robot yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan start- up Jepang yang baru-baru ini diakuisisi Google  berhasil mengalahkan 14 pesaing lainnya ketika melaksanakan 8 tugas bertema penyelamatan bencana.

Menurut laman BBC, Senin (23/12), DARPA mengadakan kontes ini karena terinspirasi peran robot untuk membantu memberi pertolongan ketika bencana terjadi, khususnya di tempat atau lokasi berbahaya bagi manusia.

Hal ini terpicu kenyataan setelah melihat terbatasnya peran robot dalam membantu mengatasi bencana kebocoran reaktor nuklir PLTN Fukushima di Jepang pada 2011.

"Apa yang kita sadari adalah robot ini tidak bisa melakukan apa pun selain mengamati," kata Gill Pratt , manajer program untuk DARPA Robotika Challenge.

Dalam rangka memacu pengembangan robot lebih mutakhir, lembaga ini menantang kontestan untuk menyelesaikan serangkaian tugas , dengan batas waktu 30 menit untuk masing-masing. Seperti menghadapi rintangan berlapis, kemampuan mendaki, menyingkirkan hambatan, membuka tuas pintu, menggunakan bor dan lainnya.

Lebih dari 100 tim awalnya dijadwalkan untuk ambil bagian, namun dipangkas menjadi 17 tim oleh DARPA menjelang acara berlangsung.(esy/jpnn)


MIAMI--Robot bikinan Google berhasil memenangkan kompetisi yang digelar unit penelitian badan keamanan Amerika, Pentagon, DARPA. Robot yang dikembangkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News