Ucapkan Selamat ke Pak Amien, Viva Yoga: PAN dan Partai Ummat Berbeda

Ucapkan Selamat ke Pak Amien, Viva Yoga: PAN dan Partai Ummat Berbeda
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi memberikan ucapan selamat kepada mantan pendiri PAN Amien Rais yang telah mengumumkan nama untuk kapal teranyarnya di dunia politik, yakni Partai Ummat.

Namun demikian, Viva Yoga menekankan bahwa partai baru yang dibentuk mantan ketua MPR itu berbeda dengan PAN yang dulu pernah dilahirkannya pascareformasi.

"PAN mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat di gelanggang politik. Secara ideologi politik, PAN dan Partai Ummat berbeda," ucap Viva di Jakarta, Kamis (1/10).

Politikus kelahiran Lamongan, 30 Mei 1968 itu menjelaskan bahwa PAN berideologi nasionalis-religius. Sedangkan Partai Ummat merupakan partai Islam, sehingga perbedaan ideologi itu diyakini Viva bakal membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial keduanya di masyarakat.

Viva juga mengatakan dengan telah diumumkannya Partai Ummat oleh Amien Rais, berarti pendiri PAN itu telah resmi dan sah keluar dan meninggalkan partai berlambang matahari terbit yang dulu didirikannya.

"Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan ketua umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu, Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," tegas Viva Yoga.

Selain itu, PAN tidak punya strategi khusus dalam merespons berdirinya Partai Ummat. Partai pimpinan Zulkifli Hasan tetap fokus dengan agenda-agenda konsolidasi organisasi sampai ke tingkat desa melalui kegiatan permusyawaratan.

Amien Rais sebelumnya telah mengumumkan partai politik baru yang didirikannya bernama Partai Ummat. Partai ini bertekad memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal.

Viva Yoga juga menyatakan bahwa Amien Rais sudah resmi dan sah hengkang dari PAN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News