UE Sepakati Embargo Total Minyak Iran

UE Sepakati Embargo Total Minyak Iran
UE Sepakati Embargo Total Minyak Iran
UNI Eropa (UE) meningkatkan tekanannya terhadap Iran terkait program nuklir negara yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad itu. Kemarin (23/1) 27 negara anggota UE sepakat menerapkan embargo minyak terhadap Iran. Nantinya embargo itu akan berlaku secara bertahap. 

"Ada kesepakatan politik di balik penetapan embargo minyak (terhadap Iran) itu," kata seorang diplomat Eropa yang meminta identitasnya dirahasiakan di markas UE di Brussels, Belgia, kemarin.

UE berharap, embargo minyak itu bisa membuat sikap Iran lunak. Alhasil, negara produsen minyak terbesar ke-2 OPEC itu bakal terpaksa kembali ke meja perundingan atau bahkan menghentikan program nuklirnya. 

Selain menerapkan embargo minyak atas Iran, UE juga akan memperketat sanksi yang dijatuhkan pada Negeri Para Mullah itu. "Iran terus-menerus mengingkari resolusi PBB dan malah melakukan program pengayaan uranium sampai 20 persen, yang jelas bukan untuk tujuan sipil," tuding Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris William Hague seusai pertemuan tingkat menlu UE di Kota Brussels tersebut.

UNI Eropa (UE) meningkatkan tekanannya terhadap Iran terkait program nuklir negara yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad itu. Kemarin (23/1)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News