UEFA Ubah Regulasi Pergantian Pemain

UEFA Ubah Regulasi Pergantian Pemain
Pep Guardiola. Foto: Jason Cairnduff

jpnn.com, MANCHESTER - Pelatih Manchester City Pep Guardiola mendesak UEFA mengubah regulasi pergantian pemain. Terutama untuk laga-laga di Liga Champions dan Liga Europa.

''Kenapa Anda tak pikirkan empat, lima, atau bahkan enam pergantian? Seluruh pemain-pemain bisa terlibat lebih banyak dari sebelumnya. Begitu pun pelatih, kami dapat menerapkan taktik yang berbeda,'' tutur Guardiola, seperti dikutip dari Manchester Evening News.

Dia pun yakin dengan usulannya itu. ''Semua akan lebih baik (dengan lebih dari tiga pergantian),'' imbuh pelatih yang sudah mengoleksi dua Si Kuping Lebar, sebutan trofi Liga Champions.

Dengan ditambahnya pergantian pemain, Guardiola mengklaim itu tidak hanya memberi keuntungan bagi pelatih dan klub. Namun juga untuk pemain. ''Mereka juga perlu bernapas, dengan mendapat jatah istirahat, mereka bisa menikmati permainan,'' klaim tactician 47 tahun itu.

Dan, baru pada tadi malam WIB usulannya itu terkabul. 

Ya, tadi malam WIB UEFA sudah merilis perubahan regulasi baru terkait dengan jumlah pemain yang bisa diganti dalam satu laga. Seperti usulan Guardiola, pergantian pemain tak lagi dijatah tiga pemain. Tapi, dengan regulasi baru ini, pergantian bisa bertambah jadi empat pemain. Syaratnya, The Citizens musim depan harus kembali lagi ke fase knockout seperti musim ini.

Sebab, aturan baru itu hanya diperuntukkan jika laga fase knockout masuk perpanjangan waktu. Baik di Liga Champions atau di Liga Europa musim depan. Sebaliknya, apabila laganya cuma berakhir sampai 90 menit, maka jatah penggantiannya tetap normal tiga kali. Perubahan di dalam jumlah pergantian pemain itu bukan yang pertama terjadi.

UEFA mengadopsi aturan ini dari terobosan Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dan FIFA. Kedua otoritas tersebut sudah menerapkannya musim ini untuk Piala FA dan Piala Dunia Antarklub.

Aturan baru UEFA soal pergantian pemain ini diperuntukkan jika laga fase knockout masuk perpanjangan waktu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News