UI-UNJ Pastikan Tak Ada Kenaikan Biaya

UI-UNJ Pastikan Tak Ada Kenaikan Biaya
UI-UNJ Pastikan Tak Ada Kenaikan Biaya
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) memastikan bahwa pada tahun ini tidak akan ada kenaikan biaya pendidikan yang dibebankan ke mahasiswa. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Vishnu Juwono, di Jakarta, Senin (10/1).

“Untuk menentukan kenaikan biaya pendidikan, harus disesuaikan dan tergantung dari kenaikan inflasi dan sebagainya. Namun, sepertinya tahun ini tidak akan ada kenaikan biaya,” jelas Vishnu.

Dirincikannya, kisaran biaya pendidikan per semester yang harus dibayarkan oleh mahasiswa fakultas eksata antara Rp 100 ribu – Rp 7,5 juta. Sedangkan untuk jurusan non eksakta, antara Rp 100 ribu hingga Rp 5 juta.

Lebih lanjut Visnu menjelaskan, UI dalam menentukan besaran biaya pendidikan terhadap para mahasiswanya juga melihat pada kemampuan orang tua mahasiswa. Misalnya, lanjut Vishnu, uang pangkal jurusan kedokteran yang mencapai Rp 25 juta tidak akan dikenakan bagi mahasiswa tidak mampu, tetapi akan dikenakan pada mahasiswa yang berasal dari kalangan atas.  Selain itu, UI juga tidak hanya membuka jalur khusus namun juga ada penerimaan lewat Bidik Misi yang menerima hingga 500 mahasiswa.

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) memastikan bahwa pada tahun ini tidak akan ada kenaikan biaya pendidikan yang dibebankan ke mahasiswa. Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News