Senin, 19 Agustus 2019 – 08:26 WIB

Ujian Nasional Berbasis Komputer akan Digelar dalam Tiga Sesi

Sabtu, 30 Maret 2019 – 03:16 WIB
Ujian Nasional Berbasis Komputer akan Digelar dalam Tiga Sesi - JPNN.COM

jpnn.com, BATAM - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA akan digelar mulai awal April nanti. Salah satunya yang melaksanakan adalah SMAN 1 Batam.

Ketua Pelaksanaan UNBK SMAN 1 Batam Sikat Manulang mengatakan pelaksanaan dilakukan secara mandiri. Artinya, seluruh peralatan merupakan milik sekolah dan tidak melibatkan orang tua siswa.

Tahun ini ada 292 siswa SMAN 1 Batam yang akan mengikuti UNBK. "(UNBK) sudah mandiri. Tak ada minjam laptop milik orangtua siswa, tapi pelaksanaan ujian akan dibagi dalam tiga sesi," ujarnya, Kamis (28/3).

Dia menyebutkan, saat ini SMAN 1 Batam memiliki 120 unit komputer untuk UNBK. Ujian akan dilaksanakan 1-8 April mendatang. Untuk mata ujian sama dengan SMK. Hari pertama Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran jurusan.

"Ujian dimulai pukul 07.00-16.00 WIB. Mulainya (UNBK) tanggal 1, 2, 4, dan 8. Karena ada tanggal merah jadi diundur. Selain itu Jumat waktunya singkat," sebut pria yang juga menjabat Wakil Kepala SMAN 1 Batam ini.

Sikat menuturkan, meskipun UNBK bukanlah lagi syarat untuk kelulusan. Namun ia meminta siswa tetap mengerjakan soal dengan serius. Siswa diharapkan bisa menyelesaikan soal dalam waktu kurang lebih 120 menit. "Harapan kami siswa bisa mendapatkan nilai maksimal, dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," haranya.

Untuk persiapan, sambungnya, pihaknya juga telah menyurati bright PLN Batam meminta agar suplai listrik tidak menghambat pelaksanaan UNBK. "Kami berharap tak ada gangguan listrik agar siswa bisa fokus selama ujian," ucapnya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kepri, total jumlah peserta UNBK tingkat SMA dan SMK tahun 2019 sebanyak 12. 589 siswa. Terdiri 6.949 siswa SMA dan 5.640 siswa SMK.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar