JPNN.com

Ukir Sejarah Baru, Pimpinan MPR RI, DPR RI dan DPD RI Kunker Bersama ke Papua

Selasa, 03 Maret 2020 – 13:01 WIB
Ukir Sejarah Baru, Pimpinan MPR RI, DPR RI dan DPD RI Kunker Bersama ke Papua - JPNN.com
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Pimpinan MPR RI, Pimpinan DPR RI, dan Pimpinan DPD RI saat bertemu dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jayawijaya, Selasa (3/3/2020). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, WAMENA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama pimpinan MPR RI, DPR RI, dan DPD RI mencetak sejarah baru, untuk pertama kali bersama-sama melakukan kunjungan kerja (kunker) ke berbagai wilayah di Papua. Kunjungan ini sebagai wujud solidaritas dan kepedulian lembaga perwakilan rakyat terhadap saudara sebangsa di Papua.

"MPR RI sebagai lembaga permusyawaratan rakyat yang diisi para anggota DPR RI dan DPD RI sangat concern terhadap pembangunan Papua. Baik dari segi fisik infrastruktur maupun sumber daya manusia. Sehingga Papua bisa menjadi Golden Gate (Gerbang Emas) Indonesia bagian Timur. Sekaligus memperkuat politik luar negeri Indonesia di kawasan Pasifik Selatan. Karena menjadi Papua adalah menjadi Indonesia. Begitupun sebaliknya, tak mungkin ada Indonesia tanpa kehadiran Papua," ujar Bamsoet saat bertemu dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jayawijaya, Selasa (3/3/20).

Turut hadir Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua DPD RI Sultan Najamudin, Ketua Forum Komunikasi dan Aspirasi MPR RI untuk Papua/MPR FOR PAPUA Yorrys Raweyai, serta para anggota DPR dan DPD RI Dapil Papua dan Papua Barat.

Hadir pula Kapolda Papua Paulus Waterpau, Bupati Jayawijaya Jhon Ricard Banua, Wakil Bupati Jayawijaya Martin Yogobi, Ketua DPRD Jayawijaya Mathias Tabuni, serta Komandan Korem 172/PWY Kol Binsar Sianipar.

Usai bertemu dengan Forkopimda Kabupaten Jayawijaya, pimpinan MPR RI, DPR RI dan DPD RI melanjutkan meninjau pembangunan rumah khusus korban kerusuhan Wamena.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menegaskan pemulihan saudara sebangsa yang menjadi korban kerusuhan Wamena merupakan prioritas yang tak boleh dilupakan atas alasan apapun. Selain sarana dan prasarana infrastruktur publik seperti jalan, pasar, dan jembatan, pemulihan sarana perumahan warga juga perlu dipercepat pembangunannya.

“Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) sebagai leading sector sedang bergerak cepat membangun rumah khusus korban kerusuhan Wamena. Ini merupakan wujud kehadiran negara melindungi tumpah darah Indonesia sebagaimana diamanatkan pembukaan UUD NRI 1945. Dari target 193 unit rumah tipe 36, sudah selesai 20 unit dimana 10 unit diantaranya sudah dihuni. Pembangunan dilakukan bekerja sama dengan Zeni TNI-AD dan pengusaha setempat, sehingga turut menggerakan ekonomi lokal," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menekankan pentingnya kedamaian di tanah Papua tetap terwujud. Tak boleh terganggu apalagi dikalahkan oleh tindakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang selama ini kerap melancarkan aksi meresahkan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri