Ultah 100

Oleh: Dahlan Iskan

Ultah 100
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - BEGITU mudah Puan Maharani terpilih sebagai ketua DPR Indonesia. Begitu sulit Paul McCarthy untuk bisa jadi ketua DPR Amerika.

Sudah 10 kali dilakukan pemungutan suara. Masih juga gagal. Sudah tiga hari pemilihan ketua DPR Amerika itu berlangsung: masih buntu.

Partai Republik, kali ini memang memegang mayoritas: 222 kursi. Partai Demokrat hanya 212 kursi. Akan tetapi sebagian anggota DPR Republik membelot.

Baca Juga:

Pembelotan itu sudah mulai terdeteksi bulan lalu. Namun jumlah mereka hanya 7 orang. Maka Partai Republik memasuki acara pemilihan dengan optimistis.

Begitu dilakukan pemungutan suara, yang membelot ternyata 19 orang. Kalau saja Demokrat mengajukan calon, ketua DPR-nya akan dari Demokrat.

Akan tetapi, kedewasaan politik di Amerika sudah mirip Indonesia: sebagai partai yang kalah pemilu, Demokrat tidak mengajukan calon. Itu tidak bisa diterima secara etika politik.

Baca Juga:

Di pemilihan itu semua anggota DPR dari Demokrat kompak: akan memilih tokoh Republik yang dinilai berideologi liberal. Yakni anggota DPR kulit hitam dari Florida: Byron Donalds.

Maka di pemilihan itu nanti Donalds bisa memperoleh 213 suara. Yang 212 dari Demokrat, satu lagi dari dirinya sendiri.

BEGITU mudah Puan Maharani terpilih sebagai ketua DPR Indonesia. Begitu sulit Paul McCarthy untuk bisa jadi ketua DPR Amerika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News