UMJ Gelar Olimpiade Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab

UMJ Gelar Olimpiade Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab
Milad ke-64 Universitas Muhammadiyah Jakarta. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangka Milad ke-64, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengelar Olimpiade Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA).

Wakil Rektor I UMJ Endang Sulastri menjelaskan, agenda tahunan itu juga menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antarlembaga pendidikan Muhammadiyah.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi pelajar di tingkat SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah, dan pondok pesantren," kata Endang dalam pernyataan resminya, Jumat (22/11).

Endang Sulastri berharap agar UMJ dan SMA/SMK, MA/Ponpes Muhammadiyah yang sama-sama berada dalam naungan persyarikatan, bisa bersinergi, khususnya dalam bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Dia menyebutkan, ISMUBA diikuti 27 tim yang mengikuti Lomba Cerdas Cermat, 11 siswa mengikuti lomba pidato Bahasa Arab, dan 4 sekolah mengikuti kompetisi lomba ortom (organisasi otonom).

Wakil Rektor IV Mahmudin Sudin menambahkan, UMJ tengah membangun sinergitas dengan persyarikatan Muhammadiyah sebagai induk dan pemilik amal usaha Muhammadiyah (AUM), dan organisasi otonom seperti Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci, dan Kepanduan Hizbul Wathan.

Sudinmengatakan, UMJ sebagai AUM sangat membutuhkan persyarikatan dan organisasi otonom sebagai basis persemaian kader pimpinan. Untuk memberikan semangat kepada para kader melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi Muhammadiyah.

"Jadi, lomba ISMUBA merupakan penguatan pendidikan Al Islam Kemuhammadiyah yang mereka akan dapatkan di bangku perkuliahan," tandasnya. (esy/jpnn)

Agenda tahunan Universitas Muhammadiyah Jakarta atau UMJ ini menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antarlembaga pendidikan Muhammadiyah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News