UMKM di Car Free Night Sekanak Lambidaro Palembang Tak Dipungut Sewa

UMKM di Car Free Night Sekanak Lambidaro Palembang Tak Dipungut Sewa
150 tenant para pelaku UMKM ramaikan Car Free Night Sekanak Lambidaro Palembang. Foto : Cuci Hati/jpnn

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang resmi membuka car free night (CFN) di Kawasan Sekanak Lambidaro pada Jumat (2/9).

Di kawasan itu terdapat 150 tenan untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menjual aneka kuliner dan jajanan khas Kota Palembang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang Sulaiman Amin berharap kawasan CFN tersebut dapat membantu pemulihan ekonomi UMKM yang sempat dihantam pandemi Covid-19.

"Bagi mereka yang ingin membuka usaha di sini tidak akan terbebani dengan adanya sewa tempat dan juga pungutan-pungutan lainnya," kata Sulaiman saat peluncuran CFN tersebut.

Namun, dia mewanti-wanti bahwa para pelaku usaha di kawasan CFN Sekanak Lambidaro wajib menjaga kebersihan. Pedagang UMKM di sana juga harus terdata.

"Syarat utamanya mereka harus terdata dalam sebuah komunitas ataupun asosiasi sesuai dengan ketentuan," lanjut Sulaiman.

Ketentuan itu bertujuan agar kawasan Sekanak Lambidaro bebas dari pedagang liar yang justru akan menjadikan tempat wisata malam tersebut menjadi pasar malam.

"Ini upaya preventif adanya pedagang liar sehingga keseragaman dan kerapian juga terjaga. Jangan sampai tempat wisata malah semrawut," tegasnya.

Pemkot Palembang membuka Car Free Night Sekanak Lambidaro guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi. UMKM takk dipungut biaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News