UN Ulang Bagi yang Nakal

UN Ulang Bagi yang Nakal
UN Ulang Bagi yang Nakal
JAKARTA–Peserta ujian nasional (unas) tingkat SMA yang ketahuan melakukan pelanggaran bisa mengikuti ujian susulan mulai Senin (5/4) hingga Kamis (8/4). Selain siswa yang bermasalah, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) memberikan kesempatan kepada pelajar sekaligus atlet yang belum sempat mengikuti ujian saat berlomba di luar negeri.

Anggota BSNP Teuku Ramli Zakaria menegaskan, ujian susulan tersebut akan diikuti beberapa peserta yang berhalangan saat unas. Berhalangan itu, lanjut Ramli, tidak hanya sakit, tapi juga peserta yang sedang mengikuti kejuaraan dunia mewakili Indonesia. ’’Baik kejuaraan dalam bidang olahraga maupun akademik,” ujarnya.

Selain peserta berprestasi, kata dia, siswa yang tepergok melakukan pelanggaran saat ujian umum pada 22 Maret lalu wajib mengikuti ujian susulan. ’’Mekanisme kedua kasus tersebut tidak berbeda. Sama-sama mengikuti ujian pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan,” jelas Ramli.

Menurut dia, nilai siswa yang diketahui melakukan kecurangan selama ujian berlangsung secara otomatis tidak keluar. ’’Karena itu, mereka wajib ikut ujian susulan,” paparnya. Penyelenggara unas tidak berhak memberikan hukuman fisik kepada siswa tersebut. Hukuman harus bersifat mendidik.

 

JAKARTA–Peserta ujian nasional (unas) tingkat SMA yang ketahuan melakukan pelanggaran bisa mengikuti ujian susulan mulai Senin (5/4) hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News