Unas SMP Matematika di Jabodetabek Terancam Diulang

Kode Kunci Jawaban Persis dengan Kode Naskah Ujian

Unas SMP Matematika di Jabodetabek Terancam Diulang
Unas SMP Matematika di Jabodetabek Terancam Diulang
JAKARTA - Kemendikbud bisa bersikukuh jika SMS kunci jawaban unas SMA/sederajat yang hanya berkode A, B, C, D, dan E tidak benar dan cenderung penipuan. Tetapi, mereka sulit mengelak dari temuan kunci jawaban unas SMP/sederajat matematika di kawasan Jabodetabek yang berkode komplit dan sama dengan kode lembar soal yang dipegang peserta ujian.

Kemendikbud langsung merespon dengan cepat temuan kunci jawaban yang didapat ICW (Indonesia Corruption Watch) itu. Jajaran BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) Kemendikbud siap mengulang unas SMP untuk kawasan Jabodetabek jika keberadaan kunci jawaban tadi benar-benar akibat dari kebocoran soal ujian. "Jika bisa dipastikan, kita akan siapkan ujian ulangan,"  ujar anggota BSNP Teuku Ramli Zakaria di Jakarta kemarin (26/4).

Kunci jawaban unas SMP/sederajat matematika yang ditemukan ICW ini memang berbeda dengan temuan SMS kunci jawaban di unas SMA/sederajat. "Kunci jawaban ini kita temukan sehari sebelum ujian matematika digelar," kata Ketua Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW Febri Hendri. Dia mengatakan foto kunci jawaban itu diambil pada 24 April sekitar pukul 18.00. Sedangkan sesuai jadwal, ujian matematika dijalankan pada 25 April.

Kunci jawaban matematika yang dipegang ICW itu terdiri dari lima paket. Yaitu paket A69, B71, C86, D45, dan E57. Kode atau seri paket jawaban ini persis dengan kode atau seri dalam lembar soal yang dikerjakan siswa.

JAKARTA - Kemendikbud bisa bersikukuh jika SMS kunci jawaban unas SMA/sederajat yang hanya berkode A, B, C, D, dan E tidak benar dan cenderung penipuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News