JPNN.com

Undang Bangun Kilang, Jonan: Swasta Boleh Punya Pompa Bensin Sendiri

Rabu, 26 Oktober 2016 – 22:42 WIB Undang Bangun Kilang, Jonan: Swasta Boleh Punya Pompa Bensin Sendiri - JPNN.com

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengundang pihak swasta untuk berinvestasi membangun kilang di Indonesia.

Untuk membuat swasta tertarik, Jonan mengiming-iminginya dengan mengizinkan memiliki wilayah kerja di hilir atau diperbolehkan memiliki pompa bensin sendiri.

"Apakah swasta itu nanti kalau punya refinery (kilang) sendiri, boleh punya wilayah kerja sendiri nggak di hilirnya? Misalnya bikin pompa bensin sendiri. Boleh. Nggak ada larangan," kata Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (26/10).

Tak hanya itu, Jonan juga mempersilakan pihak swasta yang memiliki kilang untuk mengekspor hasil produksinya. Nantinya, pemerintah akan membuat batasan jumlah produksi yang diekspor dan untuk domestik.

Menurutnya, berbagai kemudahan yang diberikan tersebut semata demi meningkatkan kapasitas kilang nasional. Pasalnya, saat ini kebutuhan BBM nasional mencapai 1, juta barel per hari.

Meski mempersilakan pihak swasta berinvestasi, mantan dirut PT KAI ini tetap memprioritaskan PT Pertamina untuk membangun kilang.

"Karena kebutuhan kita 1,6 juta barel per hari BBM. Kapasitas terpasang refinery kita 1,1 juta barel per hari, efektifnya 800 ribu barel per hari. Ini harus ditingkatkan," tandas Jonan.(chi/jpnn)

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...