UNDP Indonesia Rayakan 50 Tahun Konferensi Stockholm Lewat Pameran Komik

UNDP Indonesia Rayakan 50 Tahun Konferensi Stockholm Lewat Pameran Komik
Pameran komik yang berlangsung pada 10-16 Desember 2022 di Lobi Barat Sarinah Jakarta. Foto: Stockholm

jpnn.com, JAKARTA - Badan PBB untuk pembangunan atau UNDP Indonesia meluncurkan komik digital untuk merayakan 50 tahun konferensi pertama yang diadakan pada 1972 di Stockholm.

Selain pameran komik, UNDP Indonesia bersama dengan pihak lain seperti Cleanomic, Waste4change, Envirosights mengadakan talkshow terkait isu lingkungan.

Pameran komik berlangsung pada 10-16 Desember 2022 di Lobi Barat Sarinah Jakarta.

Campaign Manager Waste4change Saka Dwi Hanggara mengatakan perubahan iklim disebabkan oleh meningkatnya sampah baik di tingkat rumah tangga dan industri.

"Simpelnya back to basic jadi kita itu sudah punya basic di sampah itu reduce, reuse, recycle. Yang banyak orang mispersepsi ialah sebuah slogan, tapi  sebenarnya 3R ini penting  dilakukan," ujar Shaka dalam keterangan resmi, Sabtu (11/12)

Menurut Shaka, prioritas utama yang harus dilakukan ialah mengurangi sampah dan memakai kembali barang tersebut dengan fungsi berbeda.

"Kalau misalkan tidak bisa dipakai lagi sampahnya harus dibuang baru recycle ini mungkin sebagian kecil sampah bisa recycle sendiri misalkan buat kerajinan atau apa, sisanya bisa dikumpulkan ke bank sampah, sudah banyak kok," kata Saka.

Namun, fakta di lapangan untuk sampah-sampah rumah tangga banyak yang dibakar oleh warga, padahal ini justru membahayakan dan sudah ada aturannya dalam UU Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Badan PBB untuk pembangunan atau UNDP Indonesia meluncurkan komik digital untuk merayakan 50 tahun konferensi pertama yang diadakan 1972 di Stockholm.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News