UNG Resmi Ganti Nama Menjadi Universitas BJ Habibie

UNG Resmi Ganti Nama Menjadi Universitas BJ Habibie
Mahasiswa. Ilustrasi Foto: Dipta/dok.JPNN.com

jpnn.com, GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) resmi berganti nama menjadi Universitas BJ Habibie.

Pergantian nama ini setelah melalui proses panjang dan disahkan Senat Universitas Negeri Gorontalo, yang menggelar rapat senat secara tertutup, Kamis (24/8).

Sejak tahun 2013 lalu, Senat Universitas Negeri Gorontalo sudah pernah membahas dan mengusulkan nama Universitas BJ Habibie ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ketika itu UNG masih berada di bawah naungan Kemendikbud. Akan tetapi usulan tersebut mentok, karena sudah ada yang menggunakan nama Habibie, yaitu Institut Teknologi BJ Habibie Pare, sehingga pembahasan untuk pergantian nama UNG ditunda.

Masuk 2017, usulan pergantian nama kembali lagi diseriusi oleh UNG. Ini setelah dua pekan lalu, mantan wakil rektor II UNG, Eduart Wolok bersama dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dipanggil oleh Menristek Dikti.

Selanjutnya, rapat senat yang dipimpin oleh ketua senat UNG, Prof. Dr. Syamsu Q Badu, secara aklamasi menyetujui dan mengesahkan perubahan nama tersebut.

Wakil rektor II bidang administrasi umum dan keuangan UNG, Supardi Nani menyampaikan bahwa, pembahasan perubahan nama UNG menjadi Universitas BJ Habibie sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, dan senat sekarang tinggal melakukan pengesahan.

"Jadi pembahasannya sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, kita yang ada sekarang tinggal pada pengesahannya saja. Sehingga dalam rapat senat yang dilakukan tadi, sudah tidak ada lagi perdebatan," kata Supardi Nani.

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) resmi berganti nama menjadi Universitas BJ Habibie.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News