Unik, Upacara HUT RI di Tabanan Bernuansa Nusantara

Unik, Upacara HUT RI di Tabanan Bernuansa Nusantara
Bupati Tabanan Eka Wiryastuti. Foto: dokumen Radar Bali

jpnn.com, TABANAN - Upacara peringatan HUT ke-74 RI di Kabupaten Tabanan, Bali, terbilang unik dan istimewa. Sebabnya, setiap OPD diwajibkan memakai pakaian adat dari berbagai daerah.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, memimpin upacara yang dilakukan di Lapangan Alit Saputra, Dangin Carik, Tabanan, Provinsi Bali, Sabtu (17/8) lalu.

Selaku Inspektur Upacara, Bupati Eka terlihat anggun mengenakan pakaian kebaya berbalut bawahan kain ndek merah, selaras dengan selendang merahnya.

Unik, Upacara HUT RI di Tabanan Bernuansa Nusantara
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama OPD mengenakan busana adat.

Menurutnya apel kali ini sangat membangkitkan rasa cinta terhadap Ibu Pertiwi dan membangkitkan rasa Nasionalis. “Ini enjoy banget, fun banget, rasa kedaerahan, rasa cinta terhadap Ibu Pertiwi, rasa nasionalis itu semakin dibangkitkan,” kata dia usai apel.

BACA JUGA: Pujian untuk Tabanan di Ulang Tahunnya ke-525

Bupati Eka menyatakan, dengan memakai pakain adat yang bernuansa nusantara ini menimbulkan suatu kebanggaan menjadi Bangsa Indonesia.

"Yang penting rasa nasionalisme kita tumbuh. Itu besar sekali manfaatnya untuk kita. Indonesia itu Negara yang kaya raya banget yang punya harta luar biasa, khususnya seni dan budaya yang harus kita cintai. Kalau bukan kita yang mencintai, siapa lagi," ujarnya.

Upacara peringatan HUT ke-74 RI di Kabupaten Tabanan, Bali, diwarnai busana adat nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News