JPNN.com

Unik, Upacara HUT RI di Tabanan Bernuansa Nusantara

Minggu, 18 Agustus 2019 – 21:38 WIB Unik, Upacara HUT RI di Tabanan Bernuansa Nusantara - JPNN.com

jpnn.com, TABANAN - Upacara peringatan HUT ke-74 RI di Kabupaten Tabanan, Bali, terbilang unik dan istimewa. Sebabnya, setiap OPD diwajibkan memakai pakaian adat dari berbagai daerah.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, memimpin upacara yang dilakukan di Lapangan Alit Saputra, Dangin Carik, Tabanan, Provinsi Bali, Sabtu (17/8) lalu.

Selaku Inspektur Upacara, Bupati Eka terlihat anggun mengenakan pakaian kebaya berbalut bawahan kain ndek merah, selaras dengan selendang merahnya.

Unik, Upacara HUT RI di Tabanan Bernuansa Nusantara
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama OPD mengenakan busana adat.

Menurutnya apel kali ini sangat membangkitkan rasa cinta terhadap Ibu Pertiwi dan membangkitkan rasa Nasionalis. “Ini enjoy banget, fun banget, rasa kedaerahan, rasa cinta terhadap Ibu Pertiwi, rasa nasionalis itu semakin dibangkitkan,” kata dia usai apel.

BACA JUGA: Pujian untuk Tabanan di Ulang Tahunnya ke-525

Bupati Eka menyatakan, dengan memakai pakain adat yang bernuansa nusantara ini menimbulkan suatu kebanggaan menjadi Bangsa Indonesia.

"Yang penting rasa nasionalisme kita tumbuh. Itu besar sekali manfaatnya untuk kita. Indonesia itu Negara yang kaya raya banget yang punya harta luar biasa, khususnya seni dan budaya yang harus kita cintai. Kalau bukan kita yang mencintai, siapa lagi," ujarnya.

“Ini membuat kami bangga menjadi rakyat, menjadi Bangsa Indonesia yang mempunyai banyak, etnis, suku dan budaya, tempat lain kan belum tentu punya. Ini adalah harta karun kita. Pak Jokowi pun apel bertemakan nusantara, kenapa kami tidak,” imbuhnya.

Salah satu Kepala OPD mengaku sempat bingung harus mencari pakaian adat. Namun karena rasa cintanya dia rela menyewa pakaian tersebut. “Awalnya sempat bingung, namun setelah dicari dan ada yang menyewakan, langsung Saya sewa,” pungkasnya tersenyum. (jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...