Universitas Terbuka Jadi Pelopor Konferensi Internasional Multidisiplin ICoMUS

Universitas Terbuka Jadi Pelopor Konferensi Internasional Multidisiplin ICoMUS
Kerua LPPM Universitas Terbuka Dra. Dewi Artati Padrno Putri, M.A., Ph.D (kedua dari kanan) dan Direktur ICE Institute Prof.Dr.Paulina Pannen, M.Ls.,(kedua dari kiri). Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) menjadi pelopor International Conference of Multidiciplinary AcadernIc Studies atau disingkat ICoMUS. Ini merupakan konferensi multidisiplin ilmu yang pertama di Indonesia.

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka Dra. Dewi Artati Padrno Putri, M.A., Ph.D., ICoMUS akan menjadi agenda tahunan dan brandmark UT yang kini sudah menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH).

"ICoMUS akan menjadi agenda tahunan. Kolaborasi ini di-push terus agar hasil riset bisa diseminasikan dan dipublikasikan," terang Dewi dalam konferensi pers ICoMUS di Grand wizh Hotel, Lebak Bulus Jakarta, Sabtu (12/11).

Dia menjelaskan ICoMUS merupakan konferensi Internasional pertama yang diselenggarakan Pusat Keilmuan LPPM UT.

Walaupun tergolong peluncuran perdana, tetapi kegiatan ini sudah menyedot perhatian banyak civitas academica, baik dari kalangan dosen, tenaga pendidik hingga mahasiswa baik internal maupun dari luar UT. 

"ICoMUS ini akan menjadi media bagi dosen UT untuk tampil. Dosen UT yang jumlahnya kini sekitar 700 jangan hanya jago kandang," tegasnya.

Sementara itu, Direktur ICE Institute Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Ls., mengatakan UT menjadi leader dalam konferensi internasional multidisiplin. Dia berharap konferensi ini akan berkelanjutan dan makin banyak lagi perguruan tinggi yang digandeng.

"Apa yang dilakukan UT ini sudah tepat, karena menyelesaikan masalah bukan hanya satu disiplin ilmu. Lewat ICoMUS, semua bertemu membahas dari berbagai sudut pandang keilmuan," terangnya.

Universitas Terbuka Jadi Pelopor Konferensi Internasional Multidisiplin ICoMUS, akan jadi agenda tahunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News