Untuk Urusan Ini, Sang Profesor Puji Pak Jokowi

Untuk Urusan Ini, Sang Profesor Puji Pak Jokowi
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Rektor Universitas Pattimura Ambon, Profesor MJ Saptenno menilai sudah ada perubahan paradigma dari pemerintahan Joko Widodo dalam memanfaatkan sumber daya alam untuk kepentingan industri dalam negeri.

Hal tersebut dikatakan Saptenno usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Jakarta, Rabu (11/5).

Rapat yang dipimpin Menko Rizal Ramli itu, dihadiri sejumlah pihak, antara lain Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Kementerian ESDM, SKK Migas, dan Kemendikti.

“Melihat paparan dari seluruh kementerian terkait dalam rakor Kemenko Maritim dan Sumber Daya tadi, yang juga menyinggung Blok Masela, saya menilai sudah terjadi perubahan paradigma pengelolaan sumber daya sangat bagus. Itu sangat positif untuk kesejahteraan rakyat,” kata Saptenno.

Terkait dengan paradigma baru itu, lanjut dia, ada kewajiban baru dari seluruh perguruan tinggi di Maluku untuk menyiapkan tenaga kerja yang sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan di Blok Masela.

“Artinya, kami butuh Kemenristek Dikti dan Kementerian Keuangan untuk mendukung perguruan tinggi di Maluku, sehingga mampu memenuhi kebutuhan di Blok Masela," ujarnya.

Dukungan itu dinilainya sangat penting untuk membuka berbagai program studi, minat dan fakultas yang sesuai dengan kebutuhan di Blok Masela.

“Wilayah sekitar Masela itu membutuhkan perhatian lebih karena ada keterbatasan sarana dan prasarana transportasi. Ini perlu mendapat prioritas," tegasnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News