Upacara Pembukaan Olimpiade Dimulai Hari Ini, dan Inilah Sisi Tokyo yang Tidak Anda Lihat

Upacara Pembukaan Olimpiade Dimulai Hari Ini, dan Inilah Sisi Tokyo yang Tidak Anda Lihat
Bar dan restoran di Tokyo dilarang beroperasi setelah jam 8 malam, namun banyak yang tak mematuhinya. (ABC News: Jake Sturmer)

Setelah sempat tertunda karena pandemi, Olimpiade Tokyo akan dibuka hari ini (23/07). Sejumlah tokoh di Jepang yang menyatakan tidak akan hadir dalam upacara pembukaan, menjadi gambaran nyata bagaimana negara itu menyikapi pesta olahraga terbesar empat tahunan ini.

Petinggi perusahaan yang menjadi sponsor utama Olimpiade seperti Panasonic, Fujitsu, Asahi, serta tokoh lainnya telah memastikan akan absen dari seremoni pembukaan.

Toyota yang juga menjadi sponsor, menyatakan tidak akan menayangkan iklan TV apa pun yang terkait dengan Olimpiade sebagai bentuk "kepekaan terhadap situasi COVID-19".

Bahkan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang tampil pada upacara penutupan Olimpiade Rio 2016 berpakaian seperti Mario, tidak akan hadir.

Padahal, Abe sebelumnya sangat giat berkampanye untuk Olimpiade Tokyo saat menjadi perdana menteri.

Tapi minggu ini dia mengatakan tidak akan hadir dalam upacara pembukaan, dengan alasan tidak akan ada penonton.

Apa pun alasannya, ketidakhadiran para tokoh ini memberikan kesan bahwa mereka tak ingin dikaitkan dengan apa yang seharusnya menjadi momen bersejarah bagi Jepang di mata dunia.

Siapa yang akan hadir di acara pembukaan?

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, Kaisar Jepang, dan Perdana Menteri Yoshihide Suga dijadwalkan hadir.

Setelah sempat tertunda karena pandemi, Olimpiade Tokyo akan dibuka hari ini (23/07)

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News