Upal Mulai Marak Jelang Lebaran

Upal Mulai Marak Jelang Lebaran
Upal Mulai Marak Jelang Lebaran
PASBAR -- Masyarakat harus mulai meningkatkan kejeliannya melihat setiap lembar uang kertas, terutama Rp50 ribuan dan Rp100 ribuan. Kalau tidak jeli, jangan-jangan uang itu adalah uang palsu alias upal. Ini lantaran tingginya perputaran uang dan kebutuhan masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri diprediksi akan membuka peluang beredarnya upal. Kasus sudah mulai ditemukan di Pasaman Barat, Sumbar. Di sejumlah kawasan di Sumbar bahkan peredaran upal sudah ditemukan sejak Juni 2009.

Kapolres Pasbar, AKBP Sus Edy Tafif mengatakan, menyusul temuan uang palsu beberapa waktu lalu di Pasbar, dan juga dilihat dari kasus-kasus serupa yang terjadi belakangan ini di berbagai daerah di Indonesia, warga harus lebih berhati-hati. Para oknum pengedar upal, lanjutnya, sebisa mungkin akan memanfaatkan momen Lebaran untuk melancarkan aksinya, karena tingkat peredaran uang pada saat ini melonjak tajam.

"Oleh sebab itu, masyarakat agar dapat berhati-hati saat menerima uang. Mana tahu, uang itu adalah upal. Sehingga masyarakat perlu tetap waspada terhadap upal tersebut. Pecahan upal yang paling banyak kemungkinan beredar biasanya nominal Rp50 ribu dan Rp100 ribu, sebab nominal tersebut juga yang paling banyak dibelanjakan masyarakat.

Dengan modus operandinya melalui tempat keramaian seperti pasar-pasar, swalayan dan tempat-tempat lain yang mana uang tunai banyak digunakan. Untuk mengelabui korbannya, tempat itu sering dimanfaatkan para oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melancarkan aksinya, karena di tempat-tempat ini ramai terjadi transaksi jual beli," ungkapnya.

PASBAR -- Masyarakat harus mulai meningkatkan kejeliannya melihat setiap lembar uang kertas, terutama Rp50 ribuan dan Rp100 ribuan. Kalau tidak jeli,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News