Upaya Kementan Optimalkan Hulu Hilir Agroindustri Hortikultura

Upaya Kementan Optimalkan Hulu Hilir Agroindustri Hortikultura
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan langsung penandatanganan antara Kementan dengan lintas stakeholder yang berlangsung Agriculture War Room (AWR) Kementan, Kamis (26/8). Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian terus mendukung hulu hilir agroindustri hortikultura yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Dukungan itu tertuang dalam kerjasama lintas stakeholder yang penandatanganannya disaksikan langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto dalam laporannya pada acara yang berlangsung Agriculture War Room (AWR) Kementan, Kamis (26/8) menyampaikan, ada tiga kerja sama yang ditandatangani.

Pertama, kerjasama yang dilakukan bersama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Ini dilakukan untuk menyerap produk hortikultura segar maupun olahan.

Menurut Prihasto, pihaknya memiliki binaan UMKM hortikultura di seluruh Indonesia. Hingga 2022, ditargetkan ada sekitar 600 UMKM yang tentunya perlu dukungan pada aspek pemasaran.

“Dan ini yang kami rintis dengan RNI,” kata Prishasto.

Selain dengan RNI, Kementan juga menandatangani kerjasama dengan PT Calbee Wings Food dan PT East West Seed Indonesia (PT Erwindo).

Pada kesempatan yang sama juga berlangsung penandatanganan kerja sama dengan Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), serta Bank Pembangunan Jawa Barat-Banten (Bank BJB).

Kementerian Pertanian terus mendukung hulu hilir agroindustri hortikultura yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News