Upaya Mak Ganjar Melestarikan Jajanan Selendang Mayang Khas Betawi

Upaya Mak Ganjar Melestarikan Jajanan Selendang Mayang Khas Betawi
Mak Ganjar mengadakan pelatihan pembuatan es selendang mayang bersama warga di Jakarta Timur. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Sukarelawan Mak Ganjar Jabodetabek menggelar pelatihan pembuatan es selendang mayang untuk ibu-ibu di Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat jati, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta pada Minggu (8/10).

Koordinator Daerah Mak Ganjar Jakarta Timur, Ima menjelaskan pelatihan itu dilakukan salah satunya untuk melestarikan selendang mayang yang merupakan kuliner khas Betawi.

Dia menilai selendang mayang merupakan kuliner yang telah terbilang langka dan jarang ditemui di pasaran. Sebab itu, pelatihan pembuatan jajanan ini disebutnya menjadi penting dilakukan guna melestarikan khazanah kuliner daerah Betawi.

"Tadi juga ada masak-masak bersama, kami mempraktikkan langsung membuat es selendang mayang. Jajanan ini sudah mulai langka di pasaran. Jadi, kami coba melestarikan kembali es selendang mayang itu makanan khas Betawi," kata Ima dalam siaran persnya.

Mak Ganjar Jabodetabek menggandeng pelaku usaha kuliner khas Betawi untuk mengajarkan praktik pembuatan selendang mayang ini kepada para peserta. Mulai dari pemaparan bahan-bahan, hingga cara pengolahan turut diajarkan dalam pelatihan ini.

Para peserta nampak antusias mengikuti pelatihan tersebut. Meski status mereka adalah warga Jakarta, namun mereka masih belum mengetahui cara pembuatan es selendang mayang.

Latihan juga berjalan interaktif karena para peserta diajak memasak bersama dengan bahan dan alat yang telah disediakan sukarelawan.

Ima menambahkan pelatihan itu juga dilakukan guna mendorong ibu-ibu untuk bisa menjadikan es selendang mayang sebagai salah satu opsi usaha kuliner.

Sukarelawan Mak Ganjar berupaya melestarikan jajanan selendang mayang yang merupakan kuliner khas betawi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News