Upbit Indonesia Dukung Kemenkominfo & ABI Bangun Ekosistem Blockchain

Upbit Indonesia Dukung Kemenkominfo & ABI Bangun Ekosistem Blockchain
Kemenkominfo menggandeng Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) dalam mendukung penyediaan, pemanfaatan, dan pengembangan data, informasi hingga resource dalam ekosistem blockchain di Indonesia. Foto: dok Upbit Indonesia

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) dalam mendukung penyediaan, pemanfaatan, dan pengembangan data, informasi hingga resource dalam ekosistem blockchain di Indonesia.

Adapun pengembangan standar dan kebijakan untuk memfasilitasi kebutuhan industri, peningkatan literasi masyarakat terkait teknologi blockchain, dan berbagai program kolaboratif lainnya.

Penyusunan kajian Peta Ekosistem Industri Teknologi Blockchain di Indonesia telah dilaksanakan dan kajian ini dipaparkan oleh Prof. Dr. Meyliana S.Kom., M.M. selaku Profesor Sistem Informasi Binus University.

Prof Meyliana bekerja sama dengan ABI dan Kemenkominfo dalam acara focus group discussion yang bertajuk “Blockchain Frontier: Navigating Chalenges, Reinforcing Regulation” dan telah diselenggarakan pada 20 Februari 2024 bersama Upbit yang menjadi co-host pada acara FGD tersebut.

Chief Executive Officer Upbit Indonesia Putra Nugraha mengatakan pihaknya yakin kolaborasi ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami dinamika industri blockchain lokal.

"Kami sangat bangga dapat berkontribusi dan menjadi bagian dalam mempromosikan inovasi yang berkelanjutan, dan menciptakan kesempatan yang lebih luas bagi pertumbuhan ekosistem teknologi blockchain di Indonesia," ujar Putra.

Menurutnya, dengan kerja sama itu Upbit berharap Indonesia memiliki landasan yang kokoh bagi kebijakan publik di bidang blockchain.

"Diharapkan dapat memproteksi dari sisi keamanan berbasis blockchain dan diharapkan pemerintah lebih mendukung pengembangan project - project lokal," katanya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komenkominfo) menggandeng Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) untuk membangun ekosistem blockchain Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News