Update Terkini Gempa Malang Hari Ini

Update Terkini Gempa Malang Hari Ini
Update terkini gempa bumi Malang dari BPBD daerah setempat setelah getaran susulan. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyampaikan bahwa belum menerima laporan adanya dampak kerusakan di wilayah tersebut akibat gempa hari ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan menyatakan pihaknya masih menelitik akibat gempa yang terjadi di barat daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur itu.

“Sejauh ini, hasil pantauan tidak terdapat laporan kejadian (kerusakan),” kata Sadono di Jakarta, Sabtu (9/7).

Sebagai informasi, gempa bumi dengan kekuatan 5,2 magnitudo terjadi di wilayah selatan Jawa Timur pada pukul 03.27 WIB. Pusat gempa dilaporkan terjadi pada 171 kilometer barat daya Kabupaten Lumajang dengan kedalaman 47 kilometer.

Gempa bumi tersebut dilaporkan dirasakan di sejumlah wilayah antara lain Karangkates dan Kepanjen di Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Bliter dengan skala intensitas II Modified Mercalli Intensity (MMI).

Skala II MMI, yakni getaran gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian, gempa susulan dilaporkan terjadi pada pukul 05.50 WIB dengan kekuatan 5,0 magnitudo. Gempa tersebut terjadi pada 163 barat daya Kabupaten Lumajang, dengan kedalaman 10 kilometer.

Pada 09.53 WIB dengan kekuatan 5,3 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer pada 167 kilometer barat daya Kabupaten Lumajang. Gempa tersebut dirasakan di Pasirian, Lumajang, Kepanjen Kabupaten Malang hingga ke wilayah Kota Malang.

Update terkini gempa bumi Malang dari BPBD daerah setempat setelah getaran susulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News