Uppss, XL Akan Jual Menara untuk Lunasi Utang

Uppss, XL Akan Jual Menara untuk Lunasi Utang
Ilustrasi tower telekomunikasi

jpnn.com - JAKARA – Untuk efisiensi dan mengurangi beban utang yang mencapai Rp 29,65 triliun, PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan menjual menara. Pada Januari ini lelang akan dibuka untuk menjual sedikitnya 2.500 tower.

''Ini adalah bagian rencana jangka panjang dan inisiatif balance sheet management XL,'' kata Chief Finance Officer EXCL Mohamed Adlan Ahmad Tajudin kepada Jawa Pos kemarin. Dia mengatakan, membayar utang merupakan bagian dari rencana jangka panjang perseroan. 

Dalam laporan keuangan EXCL per September 2015, tercatat jumlah liabilitas jangka pendek perseroan Rp 15,595 triliun, sedangkan liabilitas jangka panjang Rp 29,650 triliun. Rencananya, menara yang dilelang adalah 2.500 unit dari total yang dimiliki 6.500 unit. Namun, belum bisa disebutkan berapa nilai yang akan diraih dari aksi korporasi itu. ''Harganya ber­gantung valuasi pasar,'' kata dia. 

Begitu pula, jumlah pihak yang berminat mengakuisisi menara-menara milik XL hingga kini belum bisa dipastikan. ''Kan baru early stage (tahap awal). Yang pasti, XL terbuka untuk perusahaan-perusahaan tower yang mau ikut tender,'' imbuhnya. Hingga kuartal ketiga 2015, EXCL meraih pendapatan Rp 16,922 triliun atau turun jika dibandingkan dengan periode sama 2014 sebesar Rp 17,540 triliun. Namun, mereka berhasil mengurangi rugi bersih menjadi Rp 506,551 miliar dari sebelumnya Rp 849,627 miliar. (gen/c4/oki/pda) 

 


JAKARA – Untuk efisiensi dan mengurangi beban utang yang mencapai Rp 29,65 triliun, PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan menjual menara. Pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News