Urusan Transparansi, Rezim Ahok Lebih Oke dari Anies-Sandi

Urusan Transparansi, Rezim Ahok Lebih Oke dari Anies-Sandi
Basuki T Purnama. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya berhenti mengunggah video rapat pimpinan ke situs YouTube. Langkah ini mendapat kritik dari sejumlah kalangan.

Pengamat Kebijakan Yogi Suprayogi mengatakan, kebijakan tersebut adalah bentuk kemunduran Anies-Sandi dalam menjalankan transparansi organisasi.

Otomatis menjadikan pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mereka gantikan lebih baik soal transparansi dibanding saat ini.

"Pemerintahan Pak Basuki sudah cukup baik mengupload, kalau sekarang menurut saya ada satu kemunduran," kata dia saat dihubungi, Senin (11/12).

Menurut dia, tidak ada hal penting yang harus dirahasiakan oleh Pemprov DKI. Berbeda dengan pemerintahan pusat atau lembaga pertahanan negara yang rapatnya bersifat rahasia.

"Saya pikir kalau level pemprov apa yang mau dirahasiain untuk negara? Kecuali misalnya kalau soal investasi yang sifatnya untuk negara, saya enggak tahu itu. Kalau menurut saya ini sebuah kemunduran, padahal kan dulu sudah akuntabel, transparan," kata dia.

Dia juga melihat, Pemprov DKI termasuk lembaga yang bagus dalam mengelola e-Budgeting. Bahkan, Pemprov DKI lebih baik dibanding Pemkot Bandung yang dipimpin oleh Ridwan Kamil.

"Menurut saya pemerintahan Pak Ahok itu bagus. Dulu juga Bu Risma itu bagus. Kebetulan saya lagi ada penelitian Smart City di Bandung, Jakarta, sama Surabaya. Jakarta-Surabaya itu paling bagus transparansinya," kata dia.

Langkah Anies-Sandi menghentikan pengunggahan video rapat pimpinan ke Youtube dianggap sebagai kemunduran dalam hal transparansi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News