Usai Blusukan di Tanah Abang, Bos IMF Puji Perekonomian RI

Usai Blusukan di Tanah Abang, Bos IMF Puji Perekonomian RI
Presiden Joko Widodo bersama Managing Director IMF Christine Lagarde (tengah) dan Menkeu Sri Mulyani di Pasar Blok A Tanah Abang, Senin (26/2). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde menyebut perekonomian Indonesia saat ini sudah berjalan sangat baik. Menurutnya, konsumsi, investasi dan ekspor menjadi penggerak utama ekonomi nasional Indonesia di bawah komando Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lagarde menyampaikan penilaiannya soal perekonomian Indonesia usai diajak Presiden Jokowi untuk blusukan dan berbelanja di Pasar Blok A Tanah Abang. Tokoh internasional asal Prancis itu melihat langsung kesibukan di Pasar Tanah Abang yang dikenal sebagai pusat grosir pakaian terbesar di Asia Tenggara itu.

"Saya sampaikan kepada presiden bahwa perekonomian Indonesia berjalan dengan baik. Hal ini didorong oleh konsumsi, investasi dan ekspor. Tiga mesin ekonomi itu semuanya berjalan dengan sangat baik," ujarnya.

Di Pasar Tanah Abang, Lagarde melihat langsung aktivitas ekonomi di pasar yang memiliki 19 ribu kios itu. Lagarde pun mengakui Tanah Abang sebagai salah satu kekuatan ekonomi di Indonesia.

"Saya sangat terkesan karena pasar ini mewakili kekuatan perdagangan dan industri tekstil. Ada banyak wanita di pasar ini yang merupakan bagian yang dinamis dari ekonomi Indonesia," ucapnya.

Lagarde juga memuji pemerintahan Presiden Jokowi yang menurutnya telah menjalankan program reformasi ekonomi secara baik. Salah satunya melalui penyederhanaan proses perizinan di bidang investasi. "Saya sangat berharap presiden dan timnya dapat melanjutkan reformasi yang baik di bidang infrastruktur, pendidikan, dan juga dalam urusan sosial," tambahnya.(fat/jpnn)


Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde konsumsi, investasi dan ekspor menjadi penggerak utama ekonomi nasional Indonesia.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News