Usai Idulfitri, Klaster Pemukiman Covid-19 Bertambah di Sini

Usai Idulfitri, Klaster Pemukiman Covid-19 Bertambah di Sini
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Beberapa pekan terakhir ini penyebaran covid-19 di Kota Malang, Jatim terdeteksi berasal dari klaster permukiman.

Tercatat sejauh ini sudah ada tiga klaster permukiman, seperti kompleks perumahan Bukit dan Permata Hijau, klaster Lowokdoro dan terbaru di klaster permukiman di Kelurahan Rampal Celaket, Kota Malang.

Klaster permukiman Rampal Celaket, Kota Malang di Jalan Tretes, terdeteksi ada tujuh orang yang terkonfirmasi covid-19 yang tersebar di dua RT yaitu RT 4 dan 5.

Dari tujuh orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut dua di antaranya sudah meninggal.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Nur Azmi mengatakan awal penularan Covid-19 di kawasan tersebut berawal ketika adanya kunjungan tamu dari luar ketika Idulfitri 1442 Hijriah.

"Mungkin salah satunya ada keluarga dan banyak tamu yang datang dari luar, karena informasinya ada tamu dari luar saat hari raya," ujarnya pada Kamis 27 Mei 2021.

Dari tujuh orang yang terkonfirmasi positif tersebut enam orang di antaranya berasal dari RT 5 sementara satu orang dari RT 4.

Ketua RW 5 Kelurahan Rampal Celaket, Winarto mengatakan saat ini sebanyak lima orang masih dalam proses penyembuhan.

Awal penularan Covid-19 di pemukiman tersebut berawal ketika adanya kunjungan tamu dari luar ketika Idulfitri 1442 Hijriah.