Usai Libur Lebaran Volume Sampah DKI Meningkat

Usai Libur Lebaran Volume Sampah DKI Meningkat
Usai Libur Lebaran Volume Sampah DKI Meningkat

jpnn.com - JAKARTA - Dinas Kebersihan (Dinsih) DKI Jakarta menurunkan sebanyak 3.158 petugas untuk membersihkan sampah-sampah di Jakarta saat malam takbiran, usai shalat Idul Fitri hingga libur Lebaran usai. Ribuan petugas itu ditempatkan di seluruh penjuru ibu kota, terutama kawasan wisata.

Kepala Dinsih DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas mengatakan pihaknya tetap menyiagakan petugas untuk tetap bekerja saat libur Lebaran. Jatah cuti pun hanya dapat diberikan kepada 10 persen petugas saja.

"Sampah utamanya banyak di malam takbiran, dan setelah salat Ied, namun volumenya tidak terlalu banyak. Sedangkan hari ini sampah di kawasan wisata yang banyak," ujarnya saat dihubungi, Rabu (30/7).

Kata Tyas, saat malam takbiran lalu Dinsih menyebar petugas di beberapa lokasi seperti kawasan Bundaran HI, Monas dan MH Thamrin. Total lokasi yang dibersihkan ada 726 titik.

Dia melaporkan bahwa terdapat 5.800 ton sampah per hari yang berhasil dikumpulkan oleh Dinsih DKI. Jumlah ini cenderung meningkat dibanding hari biasa yang hanya berkisar 5.600 ton per hari.

"Ini wajar karena konsumsi warga juga meningkat saat Ramadhan," ungkap Tyas.

Peningkatan volume sampah sebanyak 2,6 persen ini menurutnya akan turun drastis karena banyak penduduk Jakarta mudik ke kampung halaman.

Namun, dia mengingatkan bahwa volume sampah akan kembali meningkat pada H+4 sampai H+6 usai perayaan Lebaran nanti. Diperkirakan Volume sampah akan mencapai 6.500 hingga 6.800 ton.

JAKARTA - Dinas Kebersihan (Dinsih) DKI Jakarta menurunkan sebanyak 3.158 petugas untuk membersihkan sampah-sampah di Jakarta saat malam takbiran,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News