Usai Lihat Simulasi Pengamanan Sirkuit Mandalika, Menhub Yakin Keamanan-Prokes Terjaga

Usai Lihat Simulasi Pengamanan Sirkuit Mandalika, Menhub Yakin Keamanan-Prokes Terjaga
Polda NTB dan Korem Wira Bhakti menggelar simulasi pengamanan untuk pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) 2021 di Pertamina Mandalika Street Circuit di Mandalika, Lombok, Rabu (10/11). Foto: Humas Polda NTB

jpnn.com, JAKARTA - Polda NTB dan Korem Wira Bhakti menggelar simulasi pengamanan untuk pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) 2021 di Pertamina Mandalika Street Circuit di Mandalika, Lombok, Rabu (10/11).

Pada acara simulasi itu, hadir Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal, dan Danrem Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

Dalam simulasi itu, anggota TNI-Polri menunjukkan skenario pengamanan Sirkuit Mandalika apabila terjadi kerusuhan atau bencana alam. Termasuk langkah-langkah pengamanan dalam melaksanakan agenda balap internasional.

Budi Karya melihat simulasi yang dilaksanakan oleh TNI-Polri telah menunjukkan NTB melaksanakan agenda balap internasional itu.

"Satu kata, luar biasa. Saya melihat kekompakan TNI-Polri dengan pemda itu sangat mengharukan. Kita punya gawai internasional pada 19 November. Kami harus kawal dengan baik, cermati dengan detail, karena segala kemungkinan bisa terjadi," kata Budi Karya.

Dia juga mengapresiasi Forkopimda yang mengerahkan ribuan personel dan berbagai kendaraan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya teror atau bencana yang akan terjadi. Hal itu menunjukkan bahwa negara memiliki satu kemampuan peringatan yang tinggi. Dan semua personel yang diturunkan juga terlatih dengan skema sistematis dan koordinatif.

"Nanti saya sebagai Menhub bagaimana dukungan dan persiapan-persiapan dari pemerintah pusat untuk kegiatan yang akan dilaksanakan di Mandalika sebagai tujuan wisata," jelas dia.

Dia juga memastikan pihaknya akan memfasilitasi bus gratis yang menghubungkan di beberapa titik ke Mandalika dan keliling Mandalika. Dia juga menyatakan akan menyediakan kapal cepat dari Bali dan Sumbawa.

TNI-Polri menggelar simulasi pengamanan untuk pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup dan World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News