Usia 74 Tahun, Mbah Tik Gowes Keliling Indonesia dan 3 Negara

Usia 74 Tahun, Mbah Tik Gowes Keliling Indonesia dan 3 Negara
Slamet Sutikno atau karib disapa mbah Sutikno, saat tiba di Bontang Kamis (15/9) kemarin. Lewat sepeda dan keliling Indonesia serta Malaysia dan Singapura ingin mengkampanyekan sehat lewat sepeda.(Pretty/Bontang Post)

jpnn.com - BONTANG – Usia yang sudah sangat senja ternyata tak menyurutkan semangat baja Slamet Sutikno untuk berkeliling Indonesia. Pria yang karib disapa Mbah Tik itu sudah mengelilingi Indonesia dan melancong ke tiga negara selama 2016.

Hebatnya, pria 74 tahun itu melakukannya dengan sepeda onthel. Kamis (15/9) kemarin, pria asal Desa Sutodjajon, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang tersebut singgah di Bontang, Kalimantan Timur.

Mbah Tik mengaku sudah melancong ke Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam pada Februari lalu.

“Banyak manfaatnya. Selain sehat, banyak saudara dan kawan. Jadi, tujuan saya ingin membudayakan ngontel demi kesehatan dan banyak kawan. Dengan tertib lalu lintas dan bersih dari narkoba,” ujarnya.

Pria kelahiran Sutodjajon, 3 November 1942 itu sempat diboyong dan diantarkan Bontang Onthel Community (BOC) serta Aremania Bontang ke Kantor Wali Kota Bontang.

Mbah Sutikno disambut hangat Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase. Mbah Tik mengaku hobinya itu berawal dari bersepeda ke Surabaya sebanyak lima kali. Setelah itu, dia lima kali nggowes ke Mojokerto dan sering pulang pergi ke Blitar. Mbah Tik juga sudah mengelilingi Jawa.

“Lalu mendapat undangan ke Bali pulang pergi delapan hari. Undangan Wali Kota Semarang pulang pergi enam hari. Setelah itu baru optimistis ke Sabang dan bisa. Teman-teman saya ajak enggak ada yang berani. Akhirnya saya sendirian,” tuturnya.

Mbah Sutikno berbekal seadanya. Bagian belakang sepeda tersemat bendera merah putih. Di bagian belakang sepeda ada wadah pakaian, perlengkapan service, dan benda yang sekiranya diperlukan selama perjalanan.

BONTANG – Usia yang sudah sangat senja ternyata tak menyurutkan semangat baja Slamet Sutikno untuk berkeliling Indonesia. Pria yang karib disapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News