Usir Sakit Kepala dengan 5 Cara Mudah Ini

Usir Sakit Kepala dengan 5 Cara Mudah Ini
ILUSTRASI. Sakit Kepala. Foto: Laman Care2

jpnn.com - Sakit kepala bisa muncul karena berbagai macam faktor, baik sebagai tanda penyakit lain hingga akibat dari kondisi lingkungan sekitar. Namun, sebagian besar ahli medis menyatakan banyak kasus sakit kepala yang belum dapat dipastikan faktor penyebabnya.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, sekitar 90 persen sakit kepala tidak diketahui penyebabnya. Namun biasanya sakit kepala dicetuskan oleh beberapa kondisi, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, konsumsi makanan tertentu, dan masih banyak lagi. 

“Sakit kepala yang penyebabnya diketahui hanya berjumlah sedikit dan disebut sakit kepala sekunder, bisa disebabkan oleh demam, sakit gigi, sinusitis, flu, dehidrasi, hingga tumor otak,” ujar dr. Andika, melanjutkan penjelasan.

Sebagai individu yang memiliki segudang aktivitas, tentu sakit kepala akan sangat mengganggu. Nah, untuk mengatasinya, berikut ini adalah langkah mudah yang dilansir dari Reader’s Digest yang bisa Anda coba di rumah.

1. Kompres kepala

Bagi Anda yang hendak menyembuhkan sakit kepala akibat kontraksi otot, stres, cemas atau kurang tidur, celupkan kain waslap ke dalam air panas, peras, lalu lipat dan letakkan di dahi atau bagian belakang leher untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.

Sementara itu, untuk meringankan sakit kepala vaskular seperti migrain, sakit kepala kluster, atau rasa nyeri yang berkaitan dengan pembuluh darah di area tertentu pada kepala, Anda bisa menggunakan es.

Suhu dingin menyempitkan pembuluh darah, mengurangi aliran darah, sehingga dapat menghilangkan tekanan dan memberikan bantuan pada kepala yang sakit.

Jadi, meredakan sakit kepala yang mengganggu ternyata mudah. Anda dapat mencoba beragam cara di atas untuk mengatasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News