Ustaz Abdul Somad Diusir saat Hendak Berdakwah di Hong Kong

Ustaz Abdul Somad Diusir saat Hendak Berdakwah di Hong Kong
Ustaz Abdul Somad (bertopi hitam) dalam kawalan Laskar Pembela Islam di Pekanbaru, Riau. Foto: Defizal/Riau Pos/JPG

jpnn.com - Ustaz kondang Abdul Somad kembali mengalami pengusiran saat hendak berdakwah. Kali ini peristiwanya di luar negeri, persisnya di Hong Kong.

Pendakwah asal Riau itu dideportasi setelah mendarat di Bandara Internasional Hong Kong, Sabtu (23/12) pukul 15.00 waktu Indonesia barat.

Menurut Ustaz Somad, beberapa orang yang tak berseragam menghampirinya begitu keluar dari pintu pesawat. Saat itu, ustaz asal Riau itu bersama dua orang lainnya, yakni Dayat dan Nawir.

“Mereka meminta saya buka dompet. Membuka semua kartu-kartu yang ada. Di antara yang lama mereka tanya adalah kartu nama Rabithah Alawiyah (Ikatan Habaib). Saya jelaskan. Di sana saya menduga mereka tertelan isu terorisme. Karena ada logo bintang dan tulisan Arab,” ujar ustaz Somad melalui akunnya di Instagram.

Selanjutnya, orang-orang yang diduga dari otoritas keamanan di Hong Kong itu menginterogasi Ustaz Somad dan dua rekannya. Yang ditanyakan adalah identitas, pekerjaan, riwayat pendidikan, hingga keterkaitan dengan ormas dan politik.

“Saya jelaskan bahwa saya murni pendidik, intelektual muslim lengkap dengan latar belakang pendidikan saya,” tuturnya.

Ustaz kondang Abdul Somad kembali mengalami pengusiran saat hendak berdakwah. Kali ini peristiwanya di Hong Kong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News