Ustaz Bachtiar Nasir Tidak Percaya Ada Muslim Radikal

Ustaz Bachtiar Nasir Tidak Percaya Ada Muslim Radikal
Bachtiar Nasir. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ustaz Bachtiar Nasir tidak percaya ada kelompok umat Islam yang radikal atau melakukan kekerasan. Menurutnya, anggapan itu muncul akibat kesalahpahaman belaka.

"Masalah ketidakadilan terutama kepada kelompok muslim yang tertuduh radikal, melakukan kekerasan lah. Sebenarnya itu lemparan tuduhan yang tak masuk akal," kata Bachtiar Nasir usai menghadiri Reuni Akbar 212 di Monas, Jakarta, Senin (2/11).

Menurut dia kesalahpahaman yang timbul di masyarakat sebenarnya bisa diluruskan dengan pendekatan dialogis tanpa melibatkan penegak hukum.

"Ini bisa diselesaikan dengan cara dialogis. Dengan pendekatan yang lebih, selain pendekatan hukum, sebenarnya bisa pendekatan keagamaan lain. Pendekatan kewarganegaraan yang lebih efektif," kata Bachtiar.

Reuni 212 diketahui dihadiri oleh muslim dari berbagai daerah di Indonesia. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diketahui sempat menghadiri acara itu untuk memberikan kata sambutan.

"Semua yang berada di tempat ini semua adalah cermin persatuan Indonesia. Karena itu kita seringkali mendorong mengangkat mengatakan kita beragam, ya benar, tapi banyak yang beragam. Yang sesungguhnya hebat dari Indonesia di sini adalah persatuan," kata Anies.

Adapun Reuni akbar ini dimulai dari pukul 03.00 WIB hingga pukul 08.30 WIB. Agendanya diawali salat Tahajud, Dzikir, dan salat Subuh bersama, pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW, dan bermunajat kepada Allah SWT. (ant/dil/jpnn)

Ustaz Bachtiar Nasir tidak percaya ada kelompok umat Islam yang radikal atau melakukan kekerasan. Menurutnya, anggapan itu muncul akibat kesalahpahaman belaka


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News