JPNN.com

Usulan Pak Agus Gumiwang agar THR Tetap Cair

Rabu, 08 April 2020 – 05:11 WIB Usulan Pak Agus Gumiwang agar THR Tetap Cair - JPNN.com
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menyodorkan solusi agar THR karyawan tetap cair di tengah pandemi virus corona. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengusulkan pinjaman dana talangan untuk THR (Tunjangan Hari Raya) karyawan di perusahaan yang terdampak virus corona COVID-19, dengan skema tertentu.

Agus menjelaskan saat ini para pelaku industri dalam negeri merasa cukup terpukul dalam menjalankan usahanya, diakibatkan pandemi virus corona.

Para pengusaha tersebut sedang mencari cara agar bisa membayar THR kepada karyawannya.

“Industri mengusulkan diberikan ruang untuk mendapatkan soft loan dari bank, agar mereka bisa membayar THR kepada karyawannya. Yang dimaksud dengan soft loan tentu dengan bunga yang sangat rendah dan juga term of payment-nya yang cukup panjang,” papar lewat keterangan resmi di Jakarta, Selasa (7/4).

Menperin menyampaikan hal itu pada rapat kerja virtual bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta.
. Agus menambahkan para pengusaha masih memiliki itikad baik untuk menunaikan kewajibannya membayarkan THR kepada para karyawan. Walaupun pembayaran THR menggunakan utang perbankan.

Oleh karena itu, Agus berharap perbankan dapat memberikan kredit yang tak membebani.

“Nah tentu ini nanti bisa kita (Kemenperin, red) lakukan verifikasi misalnya terhadap industri atau perusahaan-perusahaan yang cashflow-nya negatif," ucapnya.

Pilihan lain dalam membayarkan THR, Agus menuturkan pihak pengusaha akan bernegosiasi dengan serikat pekerja untuk menuntaskan pembayaran THR secara bertahap.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...