Usulkan Masuk PTN Langsung dari Nilai Unas

Usulkan Masuk PTN Langsung dari Nilai Unas
Usulkan Masuk PTN Langsung dari Nilai Unas
JAKARTA - Evaluasi Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) bersama pengawas ujian nasional (unas) dan seluruh kepala dinas pendidikan provinsi mengusulkan nilai unas sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Nilai tersebut secara otomatis mengantarkan siswa untuk memilih PTN yang mereka pilih.

Mendiknas, M. Nuh mengatakan, persyaratan itu akan berlaku mulai tahun depan. Nilai unas, kata Nuh, secara otomatis bisa digunakan untuk memilih PTN. "Akan ada tes potensi akademik tambahan untuk jurusan tertentu," paparnya. Yakni jurusan yang banyak bersinggungan dengan kemampuan skill.

Nuh berharap, kebijakan tersebut tidak mempersulit calon mahasiswa untuk bisa masuk PTN. Sayangnya, kebijakan tersebut masih bersifat lemah. Pasalnya Nuh tidak memberikan sanksi tegas pada PTN yang tidak menggunakan sistem nilai unas tersebut untuk merekrut calon mahasiswa baru. "Tapi ya sebaiknya semua menaati kebijakan tersebut,"  terang Nuh usai melakukan rapat koordinasi di Hotel Millenium, Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, sistem pendaftaran siswa baru selama ini juga menggunakan nilai unas untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Hal dasar itulah, kata Nuh, yang menentukan kebijakannya agar memberlakukan nilai unas untuk bisa meraih kursi di PTN. "Jika dari SD dan SMP ke jenjang lebih tinggi pakai unas. Apakah SMA ke PTN harus tes lagi," ujar Mantan Rektor ITS itu.

JAKARTA - Evaluasi Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) bersama pengawas ujian nasional (unas) dan seluruh kepala dinas pendidikan provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News