Usung Ridwan Emil Jadi Opsi Paling Realistis bagi PDIP

Usung Ridwan Emil Jadi Opsi Paling Realistis bagi PDIP
Ridwan Kamil bersalaman dengan Megawati Soekarnoputri. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Indo Barometer M Qodari mengatakan, ada kemungkinan PDI Perjuangan bakal mengusung Ridwan Kamil pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar). Sebab, mengusung wali kota Bandung yang kondang dengan panggilan Kang Emil sebagai cagub Jabar merupakan opsi paling realistis bagi PDIP.

Qodari mengatakan, poros koalisi partai untuk Pilgub Jabar makin mengerucut. Gerindra pun sudah menggandeng PAN dan PKS untuk mengusung duet Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Sejauh ini sudah ada tiga partai yang menyatakan dukungan untuk Emil. Yakni Partai NasDem, PKB dan PPP.

Namun, PPP dan PKB justru masih tentatif untuk mengusung Emil pada Pilgub Jabar. Itulah yang menjadi peluang bagi PDIP.

"Jadi bisa jodoh ini, karena dari sisi RK (Ridwan Kamil, red) dia sedang buntu mengenai parpol. PPP dan PKB saling mengancam mau mundur, PPP tidak mau wakil dari PKB, begitu sebaliknya," ucap Qodari saat berbincang dengan jpnn.com, Kamis (28/12).

Di sisi lain, sambung Qodari, PDIP tak punya kader yang secara figur kuat untuk diusung pada Pilgub Jabar. Selain itu, Dedi Mulyadi yang semula juga masuk radar PDIP, kini justru memutuskan maju dengan menggandeng Dedy Mizwar melalui koalisi Golkar dan Partai Demokrat.

"Kader internal PDIP tidak ada nama yang elektabilitasnya menonjol. Tadinya yang diwacanakan sebagai cagub adalah Dedi Mulyadi, tapi Dedi Mulyadi arahnya ke Deddy Mizwar, akhirnya per hari ini kehilangan jagoan. Cocok ini sebetulnya (ke RK)," ucap Qodari.

Bagaimana dengan kader-kader PDIP seperti Puti Guntur Sekarno, Bupati Majalengka Sutrisno, TB Hasanuddin ataupun Rieke Diah Pitaloka? Qodari menyebut kader-kader partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu lebih pas sebagai calon wakil gubernur pendamping Emil.

Pengamat politik Indo Barometer M Qodari mengatakan, ada kemungkinan PDI Perjuangan bakal mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada Pilgub Jabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News