UT Siap Rangkul Lulusan SMA

UT Siap Rangkul Lulusan SMA
UT Siap Rangkul Lulusan SMA
JAKARTA- Universitas Terbuka (UT) menyatakan siap merangkul lulusan sekolah menengah atas (SMA) untuk menjadi mahasiswa. Dengan difasilitasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Ditjen Dikti Kemdiknas), program ini akan menggandeng sepuluh perguruan tinggi (PT) lokal di wilayah Indonesia Timur.

 

Rektor UT Tian Belawati, mengatakan beberapa perguruan tinggi yang dilibatkan di dalam program ini, antara lain Universitas Cendrawasih, Universitas Mataram, Universitas Haluoleo, Universitas Nusa Cendana, dan Universitas Pattimura. Menurut Tian, dalam waktu dekat kerjasama itu juga akan dilakukan dengan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau. Sedikitnya, 31 program studi di UT yang akan dikerjasamakan dengan universitas-universitas lokal tersebut.

"Program ini sudah kita mulai tahun ini. Jadi kita ingin bermitra dengan perguruan-perguruan tinggi lokal untuk menjaring mereka yang tidak diterima karena daya tampung universitas lokal itu yang terbatas,” jelas Rektor UT Tian Belawati sela Seminar Internasional tentang Integrating Technology Into Education di Kemdiknas, Jakarta, Senin (17/5).

Dikatakan, program bagi lulusan SMA ini dinamai SIPAS 1923 atau Sistem Paket Semester Usia 19-23 tahun. Para mahasiswa dapat merencanakan lama belajar mereka. Paket yang disediakan beragam mulai 4-8 tahun. “Kita menyediakan alternatif paket. Kan harus fleksibel kalau UT,” ujarnya.

JAKARTA- Universitas Terbuka (UT) menyatakan siap merangkul lulusan sekolah menengah atas (SMA) untuk menjadi mahasiswa. Dengan difasilitasi Direktorat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News