Utang Sandiaga Uno Rp 8,4 Triliun? Ah, Salah Tulis Bro

Utang Sandiaga Uno Rp 8,4 Triliun? Ah, Salah Tulis Bro
Uang dolar AS. Ilustrasi Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Hoaks sudah mewarnai suasana politik jelang Pilpres 2019 yang saat ini masuk tahapan tes kesehatan pasangan bakal capres – cawapres.

Kali ini, Sandiaga Uno diserang meme hasutan terkait hartanya. Meme tersebut membahas utang Sandiaga Uno yang ada dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

’’Ganteng siih…Tapi Banyak Utang. Emang mau anak cucu kita bayarin utang si ganteng?’’ Begitu teks yang cukup mencolok dalam meme tersebut. Di dalamnya juga terdapat screenshot berita yang menyatakan bahwa utang Sandiaga Uno dalam LHKPN tercatat Rp 8,4 triliun.

Selain meme, pesan serupa ditemukan dalam posting-an fan page Kata Kita. ’’Sandi dan Uang. Sandi itu memang kaya. Saat akan mencalonkan diri sebagai Wagub DKI Jakarta, Sandiaga melaporkan harta kekayaannya pada 29 September 2016 sebesar Rp 3,8 triliun. Namun hutangnya sebesar Rp 8.4 triliun rupiah dan 23.653.682 dollar AS,” tulis akun Kata Kita.

Informasi soal utang Sandi ternyata bersumber dari kesalahan penulisan nominal yang ada di berita Makassar Tribun News. Pada 9 Agustus 2018, mereka membuat berita tentang harta kekayaan Sandi Uno. Makassar Tribun News menyatakan, berita yang ditulis itu berasal dari Kompas.com.

Utang Sandiaga Uno Rp 8,4 Triliun? Ah, Salah Tulis Bro

Dalam berita itu disebutkan, Sandi memiliki utang Rp 8,4 triliun dan USD 23.653.682. Padahal, dalam berita Kompas.com, tidak tertulis seperti itu.

Di sana tertulis utang Sandi Uno Rp 8.441.678.156 dan USD 23.653.682. Utang tersebut dalam bentuk pinjaman uang.

Meme membahas utang Sandiaga Uno yang disebut mencapai Rp8,4 triiun ternyata berdasar berita yang salah tulis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News