Vaksin Baru untuk Alzheimer Diujicoba

Vaksin Baru untuk Alzheimer Diujicoba
Vaksin Baru untuk Alzheimer Diujicoba
WINA, AUSTRIA- Penderita Alzheimer tampaknya boleh menruh harapan akan kesembuhan. Saat ini sebuah perusahaan bioteknologi dari Austria, Affiris sedang mengujicoba temuan baru mereka berupa vaksin untuk mengatasi penyakit Alzheimer. Saat ini, ujicoba dilakukan di enam negara eropa meliputi Austria, Kroasia, Republik Ceko, Perancis, Jerman dan Slovakia dengan merekrut 420 pasien di negara tersebut.

Affiris dalam pernyataan resminya menyebutkan bahwa vaksin tersebut dinamai ADO2 yang dikembangkan bersama dengan produsen obat GlaxoSmithKline, Inggris. Ujicoba untuk uji keselamatan dan tolerabilitas sebenarnya sudah dilakukan sepanjang tahun lalu. Sehingga, uji klinis yang dilakukan sekarang ini bertujuan untuk mengetahui kemanjuran vaksin tersebut yang diharapkan dapat diketahui pada awla tahun 2012 mendatang.

"ADO2 dimaksudkan untuk mencegah plak beta-amyloid di otak, yang menyebabkan degradasi sel saraf dan dipercaya berperan penting dalam menyebabkan penyakit Alzheimer. Vaksin ini bekerja untuk menyerang plak ini dengan memproduksi lebih banyak antibodi," kata Hingga Jelitto, juru bicara untuk Affiris, kepada AFP.

Ditambahkan, antibodi ini dimaksudkan untuk menyerang hanya pada bagian dari protein beta-amyloid yang menyebabkan plak. Hal ini akan mengurangi risiko untuk pasien, sebagai protein secara keseluruhan yang sudah ada pada individu sehat.

WINA, AUSTRIA- Penderita Alzheimer tampaknya boleh menruh harapan akan kesembuhan. Saat ini sebuah perusahaan bioteknologi dari Austria, Affiris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News