Vaksin Corona Akan Disuntikkan ke Warga Bandung, Wawako: Dicek Dulu!

Vaksin Corona Akan Disuntikkan ke Warga Bandung, Wawako: Dicek Dulu!
Ilustrasi vaksin Covid-19. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Tim riset Fakultas Kedokteran (FK) Unpad bersama Bio Farma dan Sinovach Biotech Ltd dari Tiongkok, tengah menyiapkan uji klinis vaksin Covid-19.

Vaksin tersebut direncanakan akan diuji coba kepada 1.620 relawan di Kota Bandung.

Menanggapi ini, Wakil Wali Kota (Wawako) Bandung Yana Mulyana meminta pengecekan terlebih dulu terhadap vaksin tersebut, agar benar-benar selesai teruji untuk bisa mengetahui dampaknya sebelum diujikan ke warga Kota Bandung.

“Uji klinis vaksin ini sudah diakui atau tidak, jangan sampai uji klinis berdampak. Mudah-mudahan kita punya biofarma dan ini harus dicek layak atau tidak, dicek dulu,” ungkap Yana di Balai Kota Bandung, Selasa (21/7).

Namun demikian, Yana mengungkapkan, adanya vaksin tetap perlu diapresiasi. Hanya saja, harus efektif dan tak berdampak ke beberapa hal lainnya, dalam hal ini agar benar-benar dapat dilakukan uji klinis yang tepat.

“Saya sebagai penyintas berharap vaksin betul-betul valid teruji secara klinis dan efektif,” ucap Yana.

Yana juga berharap temuan vaksin pada akhirnya dapat memutuskan mata rantai Covid-19 di Indonesia, khususnya lagi Kota Bandung.

“Virus corona kan bermutasi terus dan ini saya berharap bisa efektif karena harapannya kalau vaksin ditemukan separuh jalan (penanganan) bisa selesai,” ungkapnya.

Tim riset Fakultas Kedokteran Unpad bersama Bio Farma dan Sinovach Biotech Ltd dari Tiongkok tengah menyiapkan uji klinis vaksin Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News