Vaksin Flu Burung Rampung Akhir Januari

Vaksin Flu Burung Rampung Akhir Januari
Vaksin Flu Burung Rampung Akhir Januari
BANDARLAMPUNG – Hingga kini belum ada vaksin yang dapat digunakan untuk menangkal serangan avian influenza (AI) atau flu burung yang menyerang itik di beberapa daerah termasuk Lampung. Namun, pemerintah optimistis vaksin AI teranyar itu bisa ditemukan dalam waktu dekat.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan & Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Lampung drh. Arsyad, saat ini pemerintah pusat tengah melakukan penelitian untuk mencari vaksin tersebut. Berdasarkan informasi yang diterima Disnakkeswan Lampung, vaksin AI itik tersebut ditarget rampung dan bisa disebarkan pada akhir Januari ini. ’’Saya dapat informasi dari Jakarta, baru bisa dibuat dan rampung pada akhir Januari,’’ ucap Arsyad, Selasa (1/1).

Ia menjelaskan, vaksin AI yang sudah ada saat ini tidak mempan jika digunakan pada AI yang menyerang itik. Hal itu dikarenakan varian AI saat ini jauh berbeda dengan virus yang menyerang itik.

’’Meski sama-sama menyerang unggas, vaksinnya memiliki komposisi yang berbeda. Makanya, karena varian baru, harus ada vaksin baru. Vaksin lama sudah tak bisa dipakai. Sudah beda jenisnya,’’ jelas dia.

BANDARLAMPUNG – Hingga kini belum ada vaksin yang dapat digunakan untuk menangkal serangan avian influenza (AI) atau flu burung yang menyerang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News