Vaksinasi Solusi Nyata Memutus Penyebaran COVID-19

Vaksinasi Solusi Nyata Memutus Penyebaran COVID-19
Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin saat simulasi vaksinasi COVID-19. Foto: Antara/Moch Asim/rwa)

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan Satari mengatakan vaksinasi nasional yang dilakukan pemerintah merupakan solusi nyata dalam memutus penyebaran COVID-19.

Untuk itu masyarakat harus melaksanakannya saat tiba waktunya divaksin.

"Kita harus percaya kalau kita laksanakan dengan sebaik-baiknya vaksinasi yang merupakan program nasional pemerintah. Karena ini satu upaya tambahan dalam mengendalikan penyebaran COVID-19," ujar Hindra Irawan Satari saat diskusi secara virtual pada Rabu (20/1).

Terlebih, vaksin yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat dijamin keamanannya.

Pihaknya juga akan secara langsung memantau vaksinasi yang dilakukan di lapangan, dari mulai kualitas vaksin yang disimpan hingga proses penyuntikan vaksin tersebut.

Dengan ketatnya proses pengawasan yang dilakukan pemerintah, sudah seharusnya masyarakat yakin bahwa vaksin yang akan disuntikkan membawa khasiat dalam mencegah terinfeksi virus berbahaya itu.

"Dengan peraturan yang ada, kami sudah ada perwakilan di daerah-daerah yang akan mengawasi kegiatan vaksinasi," tuturnya.

Di sisi lain, setiap vaksin COVID-19 yang disuntikkan kepada individu akan mengakibatkan tiga efek samping.

Sudah seharusnya masyarakat yakin bahwa vaksin yang akan disuntikkan membawa khasiat dalam mencegah terinfeksi virus Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News