Varian Delta Serang Solo, Ahyani: Dari Kudus, Pantura, Dititipkan di Donohudan

Rabu, 14 Juli 2021 – 09:06 WIB
Varian Delta Serang Solo, Ahyani: Dari Kudus, Pantura, Dititipkan di Donohudan
IDI menyebut varian Delta merajai lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia saat ini. Foto/Ilustrasi swab: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SOLO - Virus corona varian Delta telah memicu kenaikan angka kasus positif COVID-19 di Kota Solo dalam beberapa waktu terakhir.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Surakarta Ahyani menduga, penularan berasal dari Kudus, Jateng.

"Kalau melihat analisis dari awal kan itu. Mulanya yang dari Kudus, dari kawasan pantura dititipkan di Donohudan," kata Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Surakarta Ahyani di Solo, Selasa (13/7).

Ahyani meyakini sebagian pasien yang mengikuti isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan tersebut tidak langsung datang ke lokasi isolasi, melainkan juga singgah ke beberapa tempat lain.

"Ada yang mampir-mampir, apalagi penularan ini kan sangat cepat, bisa juga dari itu. Yang kami khawatirkan awal kan itu, kenapa harus dititipkan ke Donohudan, kenapa tidak di sana (tetap di Kudus) saja," katanya.

Dia mengatakan, tingginya mobilitas masyarakat pascalebaran juga berdampak pada naiknya tingkat paparan COVID-19 di beberapa daerah termasuk Kota Solo.

Akibat dari kondisi tersebut, saat ini lonjakan kasus COVID-19 di Solo sudah dua kali lipat melampaui kenaikan kasus di bulan Januari. Pihaknya mencatat pada bulan Januari rata-rata penambahan jumlah kasus setiap harinya di angka 50 kasus baru.

Meski demikian, berdasarkan data dari Satgas Penanganan COVID-19 Kota Surakarta saat ini penambahannya jauh di atas angka tersebut. Terakhir, tepatnya pada hari ini terjadi penambahan angka kasus sebanyak 316 kasus baru.

SPONSORED CONTENT

loading...