Video Alm Gus Dur Saat Orasi Diputar, Begini Katanya...

Video Alm Gus Dur Saat Orasi Diputar, Begini Katanya...
Terdakwa kasus dugaan penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jalani sidang ke-17 dengan agenda pemeriksaan terdakwa di Auditorium Kementan, Jakarta, Selasa (4/4). Ahok akan diperiksa bersama dengan pemeriksaan sejumlah bukti, termasuk video rekaman pidato Ahok di Kepulauan Seribu. Ilustrasi by: Pool/Galih Pradipta/JPNN.com

jpnn.com - Video Almarhum Gus Dur saat berorasi di kampanye Pilgub Bangka Belitung 2007 silam diputar dalam sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama pada Selasa (4/4), hari ini.

Dalam tayangan kampanye Gus Dur, ulama terkenal itu menjelaskan tentang diperbolehkannya memilih pemimpin non-muslim.

Selain itu, secara gamblang Gus Dur juga menerangkan arti sebenarnya dari kata kafir yang selalu melekat pada sosok Ahok.

"Saya bilang, kafir itu bukan orang Kristen dan orang Yahudi. Kenapa? Yang dinamakan kafir di dalam Quran adalah orang-orang yang enggak bertuhan. Belum bisa baca Quran, udah ngomongin Quran," begitu sepenggal kalimat Gus Dur.

Terkait ketakutan umat memilih pemimpin non Muslim, Gus Dur meminta agar tak mempermasalahkannya.

Sebab dalam Quran, lanjut dia, tidak ada ayat tentang melarang umat Muslim memilih pemimpin non Islam.

"Kalau pemerintahan, tidak apa-apa (dipilih non Muslim). Kita harus tahu dong di mana pakainya ayat, bukan sembarang aja," katanya.

"Kalau politik enggak ada hubungannya dengan agama," tutur Gus Dur.

Video Almarhum Gus Dur saat berorasi di kampanye Pilgub Bangka Belitung 2007 silam diputar dalam sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News